Motivasi Hidup

80 views

Motivasi Adalah  dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. 

Hidup adalah  masih terus ada, bergerak, dan bekerja sebagaimana mestinya (tentang manusia, binatang, tumbuhan, dan sebagainya).

Motivasi Hidup adalah Manusia yang terus bergerak dan bekerja karena dorongan secara sadar atau tidak sadar untuk mencapai Tujuan tertentu. 

Tujuan Manusia hidup merupakan pencarian dari setiap individu, “Untuk apa aku hidup?” Ini disebut Misi Hidup. Motivator Indonesia selalu bertanya Apa “M” dalam hidup Anda? 

Pertanyaan “M” dijawab sesuai dengan isi kepala masing -masing peserta Training, diantara jawaban M dari Audiens Motivation : Mind , Makan, Minum, Mati, Menikah, Menstruasi, Main-Main, Madu, Melahirkan, Musnah, Motivasi, Motivator, Money, Mahal, Matahari, Mutiara,Mudik dan rentetan kata lainnya. 

Motivasi Hidup : Berbagi dan Berkontribusi 

Motivasi Hidup Islam
Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah. Pertanyaannya Ibadah dalam islam itu seperti apa? Jawabannya Ada ibadah yang langsung kepada Gusti Allah, dan Ada ibadah yang berhubungan dengan manusia, ada ibadah yang berkaitan dengan alam semesta (Mahkluk) lainnya. 

Apabila dibagi maka kesempurnaan ibadah dalam islam : Aqidah (Tauhid)- Akhlak (Tasawuf) – Fiqih . Penunjang ibadah bagi setiap muslim-muslimah dengan belajar keilmuan yang mendukung ibadah yaitu Sirah (sejarah), Alquran, Sunnah, Bahasa Arab, Tata bahasa Arab (Nahwu, Sharaf, balaghah, Mantiq, dll). 

Motivasi Islami yang sangat terkenal yaitu Khoirunnasi Anfa-uhum linnasi (Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi Manusia lainnya), Bermanfaat berupa ide – pikiran, waktu, tenaga, biaya, doa. Tidak mencelakai manusia lainnya. 

Motivasi Islam yang sangat populer : Min Chusnil Islamil Mar-ie Tarkuhu Ma La Ya’ni (Sebagian Tanda baiknya islamnya seseorang yaitu meninggalkan sesuatu yang tidak berguna). Praktek sesuatu yang tidak bermanfaat : nonton video youtube, video facebook, instagram tanpa ada tujuan khusus, hanya membuang waktu saja. Bila seperti itu – hindarilah. 

Motivasi Hidup Bahagia dapat kita raih dengan menggunakan kompas kehidupan bernama aturan. Apabila kita punya aturan bahagia, dan kita mampu menjalankannya maka hidup kita penuh kebahagiaan. Caranya buatlah aturan hidup Anda sesederhana mungkin, contoh Ketika pagi hari, saya bangun tidur, menginjak kaki di bumi dan bernafas dengan lega maka saya bahagia. 

Kenapa ada orang yang tidak pernah bahagia? Jawabannya karena aturan bahagianya sangat sulit, misal saya akan bahagia bila saya punya mercy, hotel, dan perusahaan yang tembul fortune 500,- apabila memang orang tersebut mampu mewujudkannya maka dia akan bahagia, tetapi bila secara sumber daya – mustahil baginya maka dia akan hidup dalam penderitaan – ibarat kata, ingin memeluk gunung, apadaya tangan tak sampai. 

Motivator Bahagia dunia mengatakan bahwa untuk bahagia, bahagia saja tanpa syarat. Tidak melekat dengan kefanaan dunia. Terbebas dengan segala macam atribut duniawi yang menjadi penghalang bahagia sejati. 

Mengutip kitab hikam karya Syeich Ibnu Athoillah, “Puncak kebahagiaan adalah Ma’rifatullah (Mengenal Gusti Allah). Masih berhubungan dengan mengenal Allah ada maqolah yang menyebutkan, ” Barang siapa mengenal dirinya maka dia mengenal TuhanNya,”

Motivasi Hidup Sederhana dapat menjadi wujud dari Motivasi Spiritual, Motivasi bahagia. Hidup sederhana itu terus bergerak, berusaha, bekerja yang tidak berlebihan, secukupnya saja. 

Praktek -praktek kesederhaan dapat kita laksanakan dengan sederhana dalam tutur kata, baju, tindakan, rumah tinggal, barang-barang yang kita gunakan. Nasehat yang lain mengajarkan kita hidup di tengah-tengah. “Sebaik-baik Perkara itu adalah tengah-tengah,”

Saya menemukan bahwa orang -orang hebat itu perilakunya sederhana, mampu menyederhanakan hal rumit menjadi mudah, bukan memperumit hal yang mudah. Hal sederhana yang dapat kita lakukan setiap hari yaitu bersyukur, mari melatih otot-otot syukur melalui Jurnal Bersyukur. Caranya menuliskan 5 hal yang kita syukuri setiap hari, awali kalimat dengan saya bersyukur : 

  1. Saya bersyukur karena saya menulis artikel bermanfaat yang tembus minimal 700 kata dalam satu posting di https://hidupbaru.net 
  2. Saya bersyukur program kelas online 21 hari bertemu jodoh di wa groups berjalan lancar tiap Rabu pagi 
  3. Saya beryukur kelas NLP Online ilyas afsoh IAINLP tayang setiap senin pagi di diskusi wa Groups
  4. Saya bersyukur memiliki program baru pendampingan menulis online “jadikan pengalaman hidupmu menjadi buku inspiratif,”.
  5. Saya bersyukur menemukan niche-niche blog adsense dengan pencarian volume tinggi 

8 Pola hidup sederhana yang menjadikan Anda bahagia : 

  1. Hidup sesuai kemampuan finansial dan menyisihkan uang untuk menabung 10% dari pendapatan, beramak 10% dari pendapatan 
  2. Mengkonsumsi makan – makanan secukupnya – tidak bermewah-mewahan 
  3. Berolahraga tiap pagi – berjalan kaki minimal setengah jam sampai 1 jam setiap pagi 
  4. Positif Feeling – Positif Thinking – Positif Motivation 
  5. Berinteraksi dengan siapa saja – dan siap membantu siapa saja ytanpa pamrih 
  6. Rendah Hati dan Sopan santun kepada yang muda- sebaya- apalagi yang tua. 
  7. Bersyukur kepada Gusti Allah dan Keluarga, berterimakasih kepada siapa saja yang membantu kita 
  8. Hening, disebut juga meditasi – doa panjang – tahajud 
Berbagi dan Berkontribusi
Motivasi Islami

Motivasi Hidup Sehat merupakan dampak dari Motivasi Islami, Motivasi Hidup Sederhana, Motivasi hidup bahagia. Didiklah anak-anak kita untuk hidup sehat sejak dini seperti mencuci tangan sebelum makan, berhenti makan sebelum kenyang, cukup istirahat, puasa, dan hal lainnya. 

Saya pernah mendengar ceramah Dai Sejuta Umat : Kebersihan sebagian dari iman – dapat diartikan agar ada diantara umat islam yang membuat pabrik sabun, mendirikan rumah sakit, membangun hotel, dan membangun budaya bersih melalui pendidikan dari dasar sampai tinggi. 

Kesehatan yang penting kita jaga terbagi menjadi dua : kesehatan fisik dan mental. Fisik meliputi badan dari ujung rambut kepala ke ujung kaki, kesehatan mental disebut juga mental, pikiran, emosi. Kombinasi keduanya menjadikan manusia sempurna.

 
“Hal yang paling menyenangkan di tengah masa sulit adalah kesehatan yang baik dan tidur yang cukup.” – Knute Nelson

Mencegah lebih baik daripada mengobati, nasehat yang selalu relevan sepanjang zaman. Bahkan di tahun 2020 bulan April tanggal 15 dimana dunia mengalami pandemi covid-19 Virus corona yang telah menelan korban nyawa tidak terhitung. Semua diminta stay at home- bertahan di rumah saja sampai kondisi membaik. 

Akibat Virus Corona ini :

  1. Sholat Berjamaah di MAsjid sementara dihentikan, sholat Jumat juga diganti Sholat Dhuhur di rumah 
  2. Perayaan Misa di Geraja diganti online dari rumah 
  3. Anak-anak sekolah belajar di rumah dari TK-SD-SMP_ SMA_ MAHASISWA 
  4. Pembatasan -pembatasan jarak komunikasi , keluar menggunakan masker 
  5. Ekonomi berubah dari Offline menjadi Online 
  6. Kelas-kelas Training Ilyas Afsoh Institute berubah menjadi kelas Online Training 
  7. Hipnoterapi langsung di klinik menjadi Hipnoterapi Jarak jauh

Meskpun begitu, ada himah positif ketika kita dipaksa bekerja dari rumah yaitu Maraknya kelas-kelas online, beberapa kursus online menggratiskan pembelajaran dengan kupon-kupon, banyak yang belajar dari Youtube, dan saya pun aktif kembali menulis di blog ini, merampungkan menulis buku, menyelesaikan kelas SEO Search Engine Optimization, belajar serius Copywriting, dan membangun blog-blog adsense. 

Apapun yang terjadi saat ini, kita terus optimis, bahwa harapan selalu ada, kondisi akan menjadi lebih baik lagi dari hari ke hari. Bahwa Gusti Allah menguji kita sesuai dengan batas kemampuan kita. Jangan Menyerah Sobat !!!! 

Galeri untuk Motivasi Hidup

Gambar Gravatar
MOTIVATOR INDONESIA TRAINER NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING INTERNET MARKETING COACHING