Jamu Kunir Asem Mbah Mut [Kunyit Asam]

76 views

Asal mula Minumam Herbal Jamu kunir Asem dengan Merk mbah Mut berasal dari tenaru driyorejo gresik Jawa Timur Indonesia. Masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan nama jamu sinom, karena bahan baku jamu ini dicampuri daun muda dari pohon Asem.

Alasan menggunakan Branding Mbah Mut terinspirasi Mentor Penjualan OOm Heri Bertus dalam sesi Ilyas Afsoh Talkshow di facebook yang mengatakan bahwa Nama Mbah Mut mewakili kualitas, pengalaman, dan keunggulan proses sejak lama. Sementara ki Lurah Ahmadi Amrun menambahkan pentingnya pengolahan data customer.

Bincang Inspirasi UKM

Mentoring UKM Online Herbal Indonesia

Fokus saya di New Normal ini memastikan transferan masuk ke rekening bank Mandiri saya, keadaan tidak dapat ditebak akibat pandemi covid -19 ini, dimana Training-Coaching Mentoring tatap muka tidak dapat dipaksakan, maka saya mencari jalan lain, keputusan apa yang aku pilih?

Keputusan jatuh kepada optimasi Jamu Kunyit Asam yang sudah pernah saya jual secara online di Kota Semarang dengan merk MM, maka di era new normal ini kami pantau orderan yang masuk lebih banyak ibu-ibu muda untuk melancarkan haid, bapak-bapak pecinta kebugaran, dan ada juga yang bertanya menggugurkan kandungan dengan kunyitasam. 

Sama seperti kisah para nabi dan Rasul yang memasuki Karantina Mandiri seperti Nabi Yunus yang dimakan ikan dan bertasbih selama 40 malam, RAsulullah Muhammad saw. mengkarantina diri di gua hira dan mendapat wahyu Alquran berupa Surat Alqolam. Saya dikarantina dua bulan, mendapat keputusan fokus bisnis jamu kunirasem Semarang.

Agar penjualan meningkatdrastis dan tembus 100 botol per hari maka saya menghadirkan mentor UKM OOm Bertus Heri dalam sesi Mentoring UKM Online. Asumsi 3.000 botol x 15.000 = 45.000.000,- dan angka ini sudah cukup untuk hidup di Semarang, melunasi hutang, dan memenuhi kebutuhan hidup primer dan sekunder lainnya.

Segmentasi Jamu Kunyit Asem Mbah Mut 

Sebagai penjual pemula, saya mengabaikan segmen target marketing, saya tawarkan saja semua melalui blog jualjamukunyitasam.blogspot.com, ternyata hal itu menurut para mentor sudah ok karena sudah action, tetapi harus ditentukan dahulu segmen apa yang hendak dibidik. 

Kemudian para mentor menyarankan dengan nasehat bahwa kita tidak jual produk kunirasem, tetapi yang kita jual adalah solusi, misal minuman sehat tanpa gula, minuman sehat untuk ibu-ibu muda, dan dimulai dengan penamaan. 

Sebagaimana paruh pedas mitos, yang dihasilkan oleh Sambal Bukam sebagai produk dengan segmentasi keluarga pecinta pedas. Maka pilihan nama untuk jamu diasosiasikan dengan embah tau budhe. 

Studi kasus di Blora, ada seorang nenek-nenek pembuat makanan yang enak, dan embah tersebut buat makanannya tidak pakai kutang. Ayam bakar Mbok Gogog di Blora. 

Cara Masak yang Unik (Tradisional) 

Nilai jual jamu kunirasem mbah mut ini, unik karena awal pembuatan menggunakan kayu bakar, bisnis jual jamu ini- dikerjakan tanpa bisnis plan – business model. Tetapi langsung laris ketika dijual ke tetangga kanan-kiri di tenaru, kemudian merambah ke tetangga RT dan akhirnya dibawa ke luar daerah, dan saya membukanya di Kota Semarang Tembalang Kedungmundu Sinar Waluyo.

Perijinan Jamu Kunyit Asem Indonesia

Di masa psbb ini, perijinan kami tunda sementara sampai nanti keadaaan new normal dan kami akan masuk ke dinkes Semarang – Makanan dan minuman untuk perijinannya sehingga sah, legal dan dalam pengawasan dinas terkait. 

Dalam sesi Training online UKM yang saya ikuti, bahwa makanan-minuman yang tidak dapat bertahan selama tiga hari maka tidak wajib untuk memiliki ijin edar karena kecepatannya yang basi. Di sana juga dibahas penataan ruang produksi dengan alur yang baik.

Alur pintu masuk, bahan-bahan, proses produksi, pengemasan, dan lay out yang  besar tentu lebih mudah untuk menata alur-alur produksi yang bagus dan benar. Alur mengalir ini yang dapat dibesarkan, sedang gudang diletakkan di ruang khusus. 

Perijinan di Asutralia dan Indonesa

Kabar OOm Mentor bahwa perijinan di luar negeri semua gratis, kemudian produk dengan skala A-B_C melalui laboratorium produk, kemudain dengan grade yang kurang bagus akan mendapat suggestion dari pihak lab. Beda dengan Indonesia yang buat dulu, baru kemudian mengajukan perijinan, jangan nunggu besar usahanya. 

Studi Kasus bisnis lain

Inspirasi pengusaha lain yang melakukan kreativitas, setelah dapat data, kita tentukan kampanye apa yang akan kita lakukan, berapa lama, biaya, target seperti apa? Sesuai kapasitas modal kita, kekuatan kita. 

Kampanye model gratisan ditukar dengan waktu dan tenaga kita. Misal giveaway 100 bungkus kopi, untuk collect data, dari sini jamu kunirasem semarang Mbah Mut sudah menemukan pola usahanya.

Instagram Jamu KunirAsem

Media pemasaran Online mengalami banyak perubahan, maka saya ikut membuat akun IG jamu kunyit asam mbah mut, saat artikel ini dibuat postingan IG masih 3 post dan belum ada followernya. 

Sementara pemain herbal kunyit asem semarang sudah cukup lama bermain instagram, dan saya terlena dengan mengandalkan seo blog saja, maka kali ini kerja sama dengan adik saya yang di Gresik sebagai food Fotografer untuk membuat konten jamu kunirasem lebih powerfull dan berkualitas seni.

Insgram Kunyit Asem Semarang 

Merambah KunirAsem Bubuk

Hal ini sudah dilakukan banyak orang di luar sana, ekstraksi serbuk kunirasem menjadikan minuman ini praktis. Ya, apabila nanti memang permintaan pasar bagus maka saya pun siap memproduksi bubuk kunyit asam. 

Dan di dalam lubuk hati terdalam, saya menyukai memproduksi jamu kunirasemnya fresh dan segar, bukan dari bubuk ekstraksi. Karena sensasinya pasti berbeda, khasiatnya juga ada perbedaan.

Back to the basic 

Membahas manfaat kunyit asem secara online, mendapatrespon dari pemirsa talkshow yang menyampaikan bahwa kegunaan bagi wanita diantaranya untuk menambah kesuburan – sebagai program support untuk hamil. 

Baca Solusi Janda Sederhana Siap Nikah Program 21 Hari Bertemu Jodoh 

Bahkan ketika branding sudah kuat, produk jamu kunirasem mbahmut dapat dijadikan seserahan, produk tanda mata untuk melamar, hadiah untuk sahabat dan minuman sehat alami penambah kekuatan peningkat imun tubuh saat covid-19 menghantui banyak orang. 

Resep KunyitAsem MM

Secara umum bahannya kunyit, asem, gula jawa, air ro, yang membedakan adalah resep formula rahasia keluarga. Meskipun banyak resep dibabar di internet oleh para youtuber adsense, tentu sangat jauh beda, sebagaimana testimoni para konsumen betapa segarnya Jamu kunyit Asem Mbah Mut ini. 

Buka Franchise Kedai Jamu kunir Asem 

Ini mungkin saja dilakukan, mungkin nnati dua tahun ke depan dapat dieksekusi melalui project-project business opportunity – business modeling penjual gerobak online. Sementara itu, dua tahun ini saya fokus membesarkan usaha jamu kunirasem mbah mut dengan outcome awal 3.000 botol per bulan- sampai tembus 10.000 botol per bulan. Amien. 

Your Own experience is not the best teacher. Leran from many other people’s experience is the best teacher.  quote Membangun bisnis sukses – profit – autopilot.

 Baca Juga Belajar Internet Marketing untuk Usaha  Kelas Inkubator Bisnis Semarang

Kontak Jamu KunyitAsem Mbah Mut 

Produsen 1 : Mbat Mut Desa Tenaru RT 12 RW 04 Driyorejo Gresik no kontak 0812-5934-3147

Produsen 2 : Mbah Lik Perum Sinar Bukit Asri 141 Kedungmundu Tembalang Semarang – 0896-1065-9643

Gambar Gravatar
MOTIVATOR INDONESIA TRAINER NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING INTERNET MARKETING COACHING