-->

HIPNOTERAPI YANG DIAKUI NEGARA - PERLUKAH?

 Sebagai warga negara yang baik, maka Anda sebagai hipnoterapis wajib memiliki lisensi, pengakuan dari lembaga sertifikasi kompetensi (LSK) yang ditunjuk / memiliki otoritas untuk melakukan pengujian kepada para praktisi hipnotis hipnoterapi di Indonesia. 

Secara umum, semua praktisi hipnotis hipnoterapi yang bergerak di bidang pelatihan yang memiliki LKP / LPK mulai melengkap dirinya untuk menjadi bagian dari sertifikasi profesi kompetensi yang diakui oleh negara dan diatur melalui undang-undang peraturan pemerintah nomor 61 tahun 2016 - (Googling aja detailnya). 

Satu sisi - sertifikasi ini memang menjadi tolok ukur kompetensi praktisi , dan ini cukup bagus ketika hipnoterapis membuktikan dirinya melalui uji-uji kompetensi yang digelutinya selama ini. 

Sisi Kedua : sertifikasi ini menjadi ladang bisnis Sertifikasi - dimana per peserta membayar (misal Rp 3 Juta) dan yang ikut kelas 50 orang yang diuji maka terkumpul duit Rp 150 Juta per event. Sungguh uang yang sangat menggiurkan - dibandingkan dengan seorang pekerja dengan gaji UMR (misal Rp 5 juta : harus bekerja selama 30 bulan) ....#Senyum .

Ada cukup banyak lembaga yang terkait dengan hipnoterapi di Indonesia, Namun saya ingin sharing tentang IBH Indonesian Board of Hypnotehrapy yang didirikan oleh Pak Yan Nurindra (alm) Bapak Hipnoterapi Indonesia. Sampai saat ini organisasinya masih ada, disusul dengan pesaing dari lembaga lain dengan asosiasinya masing-masing. 

Fokus ke Hypno.Sport 

Sejauh perjalanan di dunia Training Hipnoterapi di Kota Semarang-Surabaya-Jogja dan kelas Online untuk seluruh Indonesia, maka saya terinspirasi untuk fokus di Hypnosport : Aplikasi hipnoterapi untuk Olahraga, mensupport peserta training / atlet menjadi pemenang. 

Pengalaman yang dahsyat ketika menangani klien atlet taekwondo di Semarang, seorang pelajar SMA yang ketika SMP punya prestasi nasional mendadak nglokro ketika masuk SMA, maka Sesi hypnosport kami lakukan, enam bulan berikutnya dia menjadi Juara Nasional di Bogor. Alhamdulillah. 

beberapa tekniknya akan saya update di artikel ini, meskipun sebelumnya sudah saya ulas sedikit di artikel blog hipnoterapisemarang.net. Anggap sebagai pancingan untuk menegaskan komitmen saya menulis blog hidupbaru (Self transformation) with Mind Programming. 

Work in Silence 

Menulis blog dengan niche khusus memang membutuhakn komitmen, ketika saat ini membuat video konten lebih mudah dengan bantuan hp dan Ai - semisal cap cut dkk nya. Bahkan menulis pun jadilebih mudah dengan adanya chat gpt. |Meskipun tidak semua yang ditulis di chat gpt itu valid dibandingkan dengan pegalaman praktisi hipnoterapi di lapangan bertahun-tahun. 

Saya menyadari bahwa sebagai seorang hipnoterapis yang tidak sepopuler Seorang maestro memang membutuhkan kecerdasan tersendiri untuk menangkap niche pasar - semisal hipnosport - hipnoterapi untuk atlet. Aplikasi yang menggabungkan NLP, Hipno dan Coaching untuk memicu seseorang memunculkan potensi terbaiknya. 

Dan kabar baiknya adalah informasi saat ini dipecah dari search engine (google, bing), ke sosial media (tiktok, fb, ig) dan Chat GPt. Meskipun begitu, seseorang yang menulis dengan tekun dan serius, komitmen di sebuah blog maka blog nya akan menjadi rujukan bagi pencari original karena kualitas dan mutunya. 

HYPNOLANGSING 

Aplikasi hipnoterapi yang juga sangat spesial yaitu niche langsing dengan hipnosis. Ternayata di setiap niche selalu ada pemain, maka tugas kita sebagai hipnterapis yaitu mengajak bawah sadar menemukan super niche of niche yang menjadi keahlian kita dan kita tidak ada duanya (dalam personal branding). 

Aku punya satu pemikiran bahwa : Menjadi hipnoterapis yang bermain di ranah one on one dengan biaya sukarela (yang dibayar besar) dapat memilih dua opsi : mengikuti Sertifikasi profesi dan satunya tidak mengikuti sertrifikasi profesi karena memang  domain sebagai pengobat tradisional lebih kepada pelayanan kepada umat. 

Memang bila kita mengikuti organisasi profesi semisal prahipti tentu ada kode etik professional yang wajib ditaati sesuai dengan AD ART yang mengikuti peraturan terbaru dan perkembangan zaman. Siapa yang update dan menyesuaikan diri - maka dia dapat survive, dan siapa yang menemukan pasar khususnya maka dapat melayani masyarakat (dan hidup berlimpah). 


Sejauh kaki melangkah di rimba kehidupan yang penuh dengan kemungkinan dan samudera kepastian takdir Nya - Pilihlah jalan hidupMu - Jalani TakdirNya . Dan Takdir dapat diubah dengan DOA / Upaya. Karena Doa bagian dari Upaya - Usaha. 

Periksa keyakinan Dirimu yang terdalam! Mungkin saja takdirmu saat ini adalah membuat konten di tiktok
Back to Top