Train The Trainer TOT

214 views

 

Train The Trainer

Tadi malam saya belajar bahasa inggris dengan menggunakan google translate. Saya uji coba kata-kata berikut :

Train the Trainer artinya Melatih Pelatih.

Training for Trainer artinya Pelatihan bagi Pelatih.

hal ini saya lakukan karena ketika membuat catatan dengan judul Train for trainer ada yang memberikan masukan bahwa itu artinya kereta untuk pelatih. Hemmm, ternyata menarik juga belajar bahasa asing.

 

Saya mengambil metafora Kereta untuk pelatih (Train for Trainer).

Ibarat menuju ke sebuah tujuan, kita dapat menggunakan kendaraan apapun, dari berjalan kaki, berlari, numpang, naik motor, sewa mobil, naik kereta api, booking pesawat pribadi, dan alat lainnya yang penting dan pasti Anda sampai ke sana dengan perhitungan yang presisi tentang kapan dan dimananya.

 

Apabila memakai kereta – sebut saja kereta api –  Anda dapat memilih kereta ekspress yang mahal, super cepat, kereta bawah tanah, kereta ekonomi atau kereta eksekutif dan kereta super cepat lainnya. Yang perlu diingat sebelum naik kereta tersebut Anda harus membayar tiketnya. Dalam dunia Train the Trainer pun sama, Anda harus membayar tiketnya sehingga Anda dapat masuk di Kereta menuju tujuan Akhir anda “The Trainer”.

Perihal, tiket ini sudah saya bahas di catatan training for trainer.

 

Keunikan Kereta yaitu kereta memiliki jalur khusus, jalur yang bebas hambatan, dimana pengguna jalan lain harus mengalah apabila kereta lewat atau mereka akan tertabrak oleh kereta.”ini kereta api yang di Indonesia”. artinya dengan memilih menjadi Trainer, maka sebetulnya anda telah memilih jalur khusus bebas hambatan dan melaju dengan cepat.

 

Ketika berada di dalam kereta – dalam perjalanan-  anda pasti bertemu dengan penumpang lainnya [baca calon trainer juga], pertemuan tersebut dapat menjadi batu loncatan Anda dengan membuat suatu koalisi, kerja sama, minimal saling sharing dan bertukar pengalaman di dunia Trainer. Di dalam kereta, Anda seyogyanya melakukan interaksi demi mendukung capaian-capaian terbaik yang dapat Anda lakukan dengan sahabat lainnya dibanding Anda melakukannya sendirian.

 

Ketika sampai di tempat tujuan, ada pengumuman yang menjelaskan bahwa kereta telah sampai dan Anda harus turun. Artinya senikmat dan secinta-cintanya Anda belajar di dalam perjalanan menjadi Trainer, ada saatnya Anda harus turun gunung dan mengamalkan ilmu Anda sebagai trainer. Sebab, apalah artinya Anda membeli tiket [sertifikasi], berinteraksi [diskusi dengan peserta training dan Trainer], apabila tidak diamalkan. Jadi segeralah menjadi Trainer, karena Anda sudah sampai.

 

ILYAS AFSOH
0821.4150.2649
TRAIN THE TRAINER.
@ilyas_afsoh

 

 

Gambar Gravatar
MOTIVATOR INDONESIA TRAINER NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING INTERNET MARKETING COACHING