Untaian Hikmah KH Iskandar Umar Abdul Latif (Darul Falah Pusat) Krian Sidoarjo

79 views

Tulisan ini merupakan catatan dari penulis ketika Ngaji di hari Ahad pagi dan Jumat siang di Pondok Pesantren Darul falah Pusat Bendomungal Sidorejo Krian Sidoarjo Jawa Timur Indonesia, Moment 1 Ramadhan 2020 menginspirasi saya kembali menulis mutiara kalam dari Mbah Yai Iskandar melalui blog hidupbaru.net ini. 

Saya sudah menuliskannya menjadi ebook dan dapat 43 halaman, tetapi belum sempat saya publish, di moment ramadhan ini akan saya tulis satu hari satu artikel dan saya siapkan folder khusus “Kategori Khusus” KH Iskandar Umar Abdul Latif. 

Yang membuat saya rindu datang ke Majelis Beliau, diantaranya inspirasi-inspirasi yang saya dapatkan dari Ngaji Ahad Pagi : Kitab Hadits Bukhori dan Sawahidul Haq, Hari Jumat  Ngaji Tafsir Ibnu Katsir, dan Hikam Ibnu Atho’illah. 

Khusus hari Ahad, sebelum ngaji kami diajak tawasul, baca surat Yaasin, kemudian baca Istigotsah yang dimulai dari jam 7 sampai jam 9 pagi, Kemudian Ngaji baca Kitab sampai jam 10 pagi. Jamaah full berdatangan dari berbagai penjuru sekitar Krian, ada yang naik bis, mobil, motor, dan aku naik sepeda onthel. 

Hidmah Kepada Kiai

Untold Story From Pesantren

Saya menuliskan untold story dengan alasan itu yang muncul di kepala saya, kalau diterjemahkan versi google translate : kisah yag tidak terhitung.  Padahal maksud saya, kisah yang belum pernah saya dapatkan di dunia luar (pesantren) 

Kisah Mahapatih Gajahmada

“Kang Gajahmada itu santrinya Kanjeng Sunan Ampel, tubuhnya kecil, kalau perang selalu menang, cara beliau perang – bukan prajurit melawan prajurit, tetapi langsung panglima perang dengan panglima perang. Pada saat Patih Gajah Mada bertarung, tubuhnya kebal senjata tajam, senjata dari musuhnya takmampu melukai Gajahmada maka tidak lama kemudian Musuh mengakui kehebatan Gajahmada dan menyerah kalah tanpa pertumpahan darah,” Kalimat dari Mbah Yai Iskandar, saya edit untuk kemudahan menulis di blog hidup baru ini. 

Ampel Denta, di zaman Majapahit merupakan pusat kebudayaan islam di zamannya, dengan Mbah Sunan Ampel sebagai Ulama, dari penjuru dunia datang nyantri ke Sunan Ampel Surabaya. Kanjeng Sunan Ampel merupakan Wali Qutub di zamannya. 

Gajahmada menjadi begitu hebat karena gemblengan Kanjeng Sunan Ampel, manut pada guru, manut sama Kiyai – itu kunci sukses Gajahmada mampu menyatukan nusantara (Indonesia – Malaysia _ Singapura – Kamboja) dapat dilacak di Studi literatur wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit. 

Keilmuan Sunan Ampel, tirakatnya Sunan Kalijogo yang dibimbing oleh Guru Sejati Sunan Bonan (Putra Sunan Ampel) akan saya tuliskan di artikel berikutnya. 

Ulama (Kiyai) ada 2 Macam

  1. Ulama (Kiyai) Dunia
    Yaitu Kiyai yang berbicara tetapi tidak menjalankan hujjahnya – Ngomong ora Ngelakoni Hujjahe 
    Orang yang pertama kali disiksa di neraka sebelum penyembah berhala yaitu orang alim yang tidak mengamalkan ilmunya.
  2. Ulama Akherat 
    yaitu kiai yang seiya sekata Antara Ucap dan perilaku.  Kiyai Akherat sejalan dengan Al-ulama Waratsatul Anbiyaa (Ulama adalah pewaris para Nabi). Diantaranya Ulama Sufiah, Rasulullah mewejangkan ilmu sufiah pada Sayyidina Ummu Musallamah yang memiliki putra Syeich Hasan Al Basri (Tabiin). 

Imam Alghazali sebagai Ulama Akherat

Al-Ghazali penulis kitab masyhur Ihya Ulumuddin, sebagai hujjatul islam merupakan ulama yang memadukan tasawuf dan fiqih. beliau termasuk Wali Qutub di zamannya. 

Menurut Imam Gzazali : ada sebagian wali yang tidak berani buang air kecil- buang air besar di Kota Madinah – karena memuliakan Nabi Muhammad.

Salam Rasulullah kepada Umat Islam di Indonesia

Pimpinan Thoriqoh se-Afrika (Maghrobi) dan Ulama Sudan bertemu Rasulullah saat tidur dan terjaga diperintahkan sowan pada Rasulullah (Ziarah ke Madinah). Di sana didawuhi Rasulullah, “Aku ini cinta ahli sunnah wal jamaah yang ada di Indonesia,” 
Kemudian Mbah yai Iskandar menambahi : Aswaja yang mengamalkan ilmunya, ahli ngaji. – sing ngelakoni ilmune – ngaji. 

Syeich Abdul Qadir Al-Jailani “Kecil”

“Kamu itu tidak pantas ngikut di belakangku, pantasnya kamu itu ngaji, mencari ilmu agama,” Kata sapi yang digembala oleh Abdul Qadir Jailani semasa kecil. Lalu sapi tersebut dilepas, seiring waktu berjalan beliau menjadi wali qutub di zamannya, wali mashyur hingga zaman ini. 

Sejak kecil, Syeich Abdul Qadir Jailani sudah kelihatan kewaliannya sejak kecil. Ayah beliau sangat hati-hati dalam menjaga dari makanan haram, Ayahnya menyiapkan uang khusus untuk belajar ngaji, menjadi Ulama Akherat.  

Tulisan ini saya tulis apa adanya sebagaimana tertulis di buku manual saya, dan saya lanjutkan dengan menulis do’a masuk masjid : Assalamu ‘Alaika ya Rasulallahu. Allahumma shalli ala Sayyidina Muhammad wa ala Ali sayyidina Muhammad, Waftachli abwabarahmatika. Wa kuffa Anni adzabika. 

Perang Khandak

Perang paling berat sebab membuat benteng, keadaan panas, Kanjeng Nabi Muhammad dikepung berbagai macam golongan musuh.

Tokoh Islam Inspiratif

berikut tokoh terkenal yang dapat kita ambil hikmah dari kisah perjalanan beliau, bahwa Semua sahabat Rasulullah seperti bintang, siapapun yang dipilih jalannya maka tidak akan tersesat hidupnya. 

Sahabat Penerima Ilmu Rahasia dari Rasulullah 

  1. Sayyidina Sa’ad bin Muadz
    Arasy – langit – bumi ketiganya bergoncang ketika Sidina Sa’ad Meninggal dunia. 
  2. Sayyidina  Abdillah bin Mas’ud 
  3. Sayyidina Qudaifah Alyamani

Sayyida Asat dan Usait 

Keduanya memiliki karomah (kemulyaan) yaitu tubuhnya mengeluarkan cahaya sehingga mampu menerangi dalam kegelapan.

Sayyidina Abu Bakar 

Manusia yang dicintai oleh Gusti Allah dan Rasullullah, teman Kanjeng Nabi Muhammad sejak kecil. Iman Shohabat Abu Bakar dibandingkan imannya manusia yang lain ibarat langit dan bumi, masih berat imannya Sayyidina Abu Bakar.

Hal ini dibuktikan beliau menyumbangkan semua hartanya demi perjuangan islam, ketika ditanya rasulullah, “Apa yang kau sisakan untuk keluargamu Abu bakar?” 

“Cukuplah Allah dan rasulNya bagiku dan keluargaku,” jawab Sayyidina Abu Bakar. 

Tips Agar Mudah Berziarah ke Rasulullah

Barokah niat ziarah pada Rasulullah, sejak berangkat dari rumah (Niat ziarah rasul), di pemberangkatan / barak (Niat Ziarah Rasul), di kapal terbang (Niat Ziarah rasul), maka nanti di Madinah menjadikan kita mudah untuk Ziarah ke Rasulullah. 
Ziarah dengan jarak 3 meter / 6 Dzirak dari Kubur Rasulullah. 

Tips Agar Doa Dikabulkan :

  1. Pakaiannya halal
  2. Ahli Dzikir, ahli puasa, ahli melek -tirakat 
    Membaca Hamdalah, Tasbih 
  3. Orang yang dianiaya / terdzolimi 
  4. Ketika manusia berkumpul lebih dari 40 orang. 

Fadlilah Sholat Mayyit 

Mendapat pahala 1 qirat Emas (1 gunung Uhud)

Begitu pula pahala orang ta’ziyah 

Tata cara takziyah jangan maksiat, pakaian rapat. 

Pesan Nabi Muhammad

Tidak boleh meninggalkan witir dan sholat Dhuha. Setiap persendian tubuh perlu bersyukur, cara syukurnya dengan sholat dhuha minimal 2 rokaat. Fadilah orang sholat dua rokaat ditulis sebagai hamba yang ingat – ora lali-terhadap Gusti Allah. Sebab umumnya manusia banyak lupanya. 

Siti Aisyah menyampaikan bahwa waktu terbaik untuk sholat dhuha itu 1/4 siang, waktu kepanasannya anak unta, sekitar jam 9 pagi. Waktu dimana manusia lupa pada Gusti Allah karena sibuk bekerja. Menurut Sayyidatina Aisyah jumlah Rokaat Sholat Dhuha paling banyak adalah 8.  

Sholat Sunnah boleh di atas kendaraan, asal menghadap qiblat, dan ketika sholat berlangsung – kendaraannya belok-belok tidak menghadap kiblat – maka hukumnya boleh – tidak masalah. 

Pesan Mbah Yai Iskandar 

I’timad yaitu Senden ing Gusti Allah  artinya Bersandar kepada Gusti Allah Swt. Bergantung kepada Gusti Allah. 

Jumat 24 April 2020 | 1 Ramadhan 1441 H 

Baca Juga : Praktek Menjadi Motivator Dinas Kesehatan Indonesia

Galeri untuk Untaian Hikmah KH Iskandar Umar Abdul Latif (Darul Falah Pusat) Krian Sidoarjo

Gambar Gravatar
MOTIVATOR INDONESIA TRAINER NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING INTERNET MARKETING COACHING